Selasa, 01 Januari 2013

APA ARTI DOMINUS VOBIS CUM?

  Baiklah postingan saya kali ini akan menjelaskan arti "Dominus Vobis Cum", suatu kalimat sederhana namun amat bermakna yang dipakai dalam gereja katolik. Untung dulu pernah belajar bahasa latin di seminari St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen dengan pengajar Pater Albertus Smit MSC tercinta, jadi saya bisa menjelaskan apa arti kalimat tersebut dengan sedikit enteng. hehehe.......
Frase "Dominus Vobis Cum" sudah sangat sering digunakan oleh banyak kalangan masyarakat saat ini, bukan hanya kalangan masyarakat beragama katolik, tetapi juga umat kritiani lainnya. Kalimat atau frase sederhana ini sebenarnya sering digunakan dalam ibadah atau misa umat katolik di seluruh penjuru dunia, khususnya Vatican. Namun, apa sebenarnya arti kalimat tersebut?
"Dominus Vobis Cum" merupakan kalimat sederhana berbahasa latin yang mempunyai arti "Tuhan Bersama Kamu (Dengan objek penyerta berbentuk Plural yaitu Kamu, sedangkan untuk penyerta yang berbentuk singular kalimatnya akan berbentuk Dominus Te Cum atau Tuhan bersama engkau)" atau "Semoga Tuhan Bersamamu". Kalimat Latin tersebut terdiri atas 3 kata yakni Dominus = Tuan atau Tuhan, Cum = Bersama atau Dengan, dan Vobis (Bentuk Ablativus dari Vos)= Kamu (Plural). Kalimat lengkap dari kalimat tersebut sebenarnya adalah "Dominus Cum Vobis Est/Esse, tetapi dalam frase bahasa latin seringkali kata kerja bantu Esse (atau dalam bahasa inggris dikenal dengan To Be) tidak lagi dipakai, dan kalimat latin pada penggunaannya bisa disusun secara acak (yang menurut saya merupakan letak kesulitan belajar bahasa latin, dan jika ingin menerjemahkan suatu kalimat latin kita harus teliti menganalisa setiap kata dengan memperhatikan setiap casus dan genus yang dimiliki setiap kata tersebut, barulah kita akan menemukan terjemahan yang baik dari kalimat latin tersebut).
     Dalam penggunaannya seruan "Dominus Vobis Cum" akan dibalas dengan "Et Cum Spiritu Tuo", yang berarti "Dan (Tuhan) bersama dengan rohmu juga". (Et = Dan, Cum = Bersama/dengan, Spiritu = bentuk ablativus dari Spiritus yang artinya roh, dan Tuo = Engkau).  Jadi, dalam kegiatan ibadah atau misa gereja katolik biasanya imam akan menyerukan "Dominus Vobis Cum", dan umat akan menyahut dengan kalimat "Et Cum Spiritu Tuo" tersebut.
    Dalam bahasa inggris "Dominus Vobis Cum" dikenal dengan kalimat "God Be With You". Pertanyaannya kenapa bukan "God Is With You"?...Jawabannya kenapa menggunakan "Be" bukan "Is" adalah penyertaan Tuhan kepada kita manusia itu tidak mengenal waktu. Jika menggunakan "Is" berarti Tuhan hanya menyertai atau bersama kita saat ini (Is adalah bentuk to be dengan tempo sekarang), maka dipakai "Be" untuk menunjukkan penyertaan Tuhan yang abadi. 
    Jadi, itulah arti dari kalimat "Dominus Vobis Cum". Semoga saja postingan sederhana ini bisa memberikan sedikit informasi dan pengetahuan terhadap teman-teman sekalian.
      
Sekian dulu Postingan saya ini. Semoga bermanfaat.................Gratias Multas!!!(***brain)
Related Articles

1 komentar: